Friday, May 19, 2017

Rekomendasi 11 Kuliner di Jambi Yang Unik Dan Menarik

11 Kuliner Unik dan Cantik dari Jambi


Jambi adalah sebuah Provinsi yang terletak di sisi timur pulau Sumatera. Jambi adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki nama yang sama dengan modalnya. Ibukota budaya Melayu Jambi terkenal dengan sangat kental.

Selain budaya yang sangat kental, ternyata modal memiliki beragam spesialisasi. Jika Anda bepergian ke Jambi, jangan lewatkan mencicipi masakan kuliner yang ada di sana.
Berikut beberapa spesialisasi Jambi yang wajib diburu saat kalian berada di kota.

1. Tempoyak



Tempoyak adalah makanan khas Jambi yang dibuat dari buah durian fermentasi. Tempoyak biasanya dibuat dengan campuran ikan segar yang berasal dari sungai Batanghari. Rasa dan aroma tempoyak duriannya sedikit asam sangat terasa sekali. Tempoyak akan lebih enak jika disajikan dengan nasi putih polos yang masih hangat.


2. Nasi Gemuk


Ini terlihat seperti nasi gemuk Hor yang biasa kita kenal. Jika di Malaysia dan Singapura makanan ini disebut Nasi lemak. Bahannya digunakan untuk membuatnya sama dengan nasi, nasi, santan, daun pandan, daun salam dan daun jeruk nipis. Hanya saja yang membedakan dengan Hor adalah pelengkap. Pelengkap nasi montok ini adalah telur rebus, ikan teri goreng, kacang tanah, bawang goreng dan saus sambal.


3. Ikan Curry Tepek Tepek



Keistimewaan Jambi yang satu ini dibuat dari ikan gabus yang dimasak dengan gulai. Biasanya ikan-ikan ini di Tepian Kelapa Tepek melayani pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, acara adat, atau saat menyambut tamu istimewa. Jadi, beruntung jika berkunjung ke Jambi bisa menikmati makanan spesial ini.


4. Ikan Lele Curry Fishfish



Berbeda dengan ikan Gulai Tepek, makanan spesial ini terbuat dari ikan lele. Uniknya, Lele ini dimasak dengan Curry Kelapa menggunakan tempoyak sebagai bumbunya. Seperti kita ketahui, tempoyak terbuat dari durian yang difermentasi.

5. Sotong Cah Kangkung


Dilihat dari namanya, makanan ini dibuat dari campuran sotong dengan kangkung. Kedua ramuan ini dimasak dengan ramuan herbal yang membuat spesialisasi lezat ini. Bumbu yang biasa digunakan adalah bumbu, minyak wijen dan kecap. Makanannya sangat cocok jika dinikmati dengan nasi hangat.

6. Masak Daging dengan warna hitam



Ini adalah masakan daging Black Cook yang paling banyak dicari oleh masyarakat Jambi maupun wisatawan. Keistimewaan Jambi dibuat dengan bahan dasar bekicot sapi dan di olah raga dengan beberapa bumbu dan rempah. Bumbu yang digunakan seperti adas minas, kecap, kelapa, kayu manis, jinten, dan bubuk pala. Daging Black Cook sangat cocok jika di makan nasi yang masih hangat.

7. Jus buah sirih


Rasanya tidak lengkap jika kita mencicipi masakan khas Jambi tanpa rasa jus yang satu ini. Jus buah sirih merupakan minuman khas Jambi yang seratus persennya terbuat dari buah pinang. Hanya saja jusnya ditambahkan campuran ekstra ramuan lainnya seperti jahe, gula merah, pandan, cengkeh, sereh dan kulit manis. Jus dipercaya bisa menyembuhkan dingin dan menjaga daya tahan tubuh.

8. Kentang Lunkhead Kerinci


Kentang Dodol Kerinci adalah salah satu jajanan khas Jambi. Dodol yang terbuat dari kentang diambil langsung dari kaki Gunung Kerinci. Kentang yang berasal dari Gunung Kerinci memiliki kualitas prima.

Kentang Dodol Kerinci memiliki beberapa varian, seperti rasa durian, stroberi, gula, pandan dan nanas. Jajanan khas Jambi ini bisa kalian temukan di toko suvenir khas Jambi yang tersebar disana. Salah satu toko suvenir khas Jambi ada di Temphoyac. Toko ini terletak di Jendral Sudirman No. 18, Thehok, kota Jambi.

9. Dodol Nanas



Selain dodol itu terbuat dari kentang. Di Jambi, dodol dibuat dari buah nanas. Seorang penjaja khas Jambi yang satu ini terbuat dari nanas yang diambil langsung dari pusat perkebunan nanas. Di Jambi buah nanas merupakan salah satu komiditi terkemuka selain kentang. Jika kalian ingin mencicipi dodol nanas ini, silahkan langsung berkunjung di tengah perkebunan nanas yang ada di Tangkit, kecamatan Mauarojambi.

10. Kake Kubang Boyo



Kue ini memiliki nama unik yang unik, sama seperti Pak Ipuk, Kubang Buaya, anak seekor buaya atau buaya. Tak hanya namanya, bentuk kue ini unik karena ada bauaya. Kue ini terbuat dari tepung pasta ketan dengan gula merah dan parutan kelapa lalu disiram santan. Kue ini biasanya diletakkan di wadah / cangkir sisik buaya yang unik seperti bentukya.


11. Kue Srikaya



Kue khas Jambi berbeda dengan yang lain karena tidak terbuat dari tepung kecuali tape. Cara membuatnya cukup mudah: dengan cara mencampur adonan tape dan santan kemudian ditambahkan pewarna makanan dan daun pandan. Kue ini biasanya diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang yang membuatnya terlihat semakin hijau.
sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment